Definisi Lengkap Mengenai Profesional

Definisi Lengkap Mengenai Profesional


profesional, perfosionalisme, profesionalisme, profesi, tugas bsi eptik, UU ITE,


Definisi Lengkap Mengenai Profesional

Menurut Sumber yang saya ambil melalui web Wikipedia menyatakan bahwa profesional adalah istilah bagi seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya. Orang tersebut juga merupakan anggota suatu entitas atau organisasi yang didirikan seusai dengan hukum di sebuah negara atau wilayah. Meskipun begitu, seringkali seseorang yang merupakan ahli dalam suatu bidang juga disebut "profesional" dalam bidangnya meskipun bukan merupakan anggota sebuah entitas yang didirikan dengan sah. Sebagai contoh, dalam dunia olahraga terdapat olahragawan profesional yang merupakan kebalikan dari olahragawan amatir yang bukan berpartisipasi dalam sebuah turnamen/kompetisi demi uang.

Seorang profesional tentunya harus mempunyai keahlian yang di dapatkan melalui suatu proses pendidikan dan disamping itu terdapat unsur semangat pengambilan dalam melaksanakan suatu kegiatan kerja. Dalam melakukan tugas profesi, seorang profesional harus dapat bertindak objektif, yang artinya bebas dari rasa sentimen, benci, malu maupun rasa malas dan enggan bertindak serta mengambil keputusan.

Karyawan profesional adalah seorang karyawan yang digaji dan melaksanakan tugas sesuai juklak (Petunjuk Pelaksanaan) dan juknis (Petunjuk Teknis) yang dibebankan kepada dia. Sangat wajar jika dia mengerjakan tugas di luar Juklak dan Juknis dan meminta upah atas pekerjaannya tersebut. Karena profesional adalah terkait dengan pendapatan, tidak hanya terkait dengan keahlian.Profesional adalah orang yang memiliki profesi atau pekerjaan yang dilakukan dengan memiliki kemampuan yang tinggi dan berpegang teguh kepada nilai moral yang mengarahkan serta mendasari perbuatan. Adapun definisi lain dari profesional adalah orang yang hidup dengan cara mempraktekan suatu keterampilan atau keahlian tertentu yang terlibat dengan suatu kegiatan menurut keahliannya. Sehingga kesimpulan dari pengertian profesional yaitu orang yang menjalankan profesi sesuai dengan keahliannya.

Profesional ialah seseorang yang memiliki tiga hal pokok yang ada didalam dirinya, yang diantaranya meliputi:
  1. Skill, yang artinya orang tersebut harus benar-benar ahli di bidangnya.
  2. Knowledge, yang artinya orang tersebut harus dapat menguasai, minimalnya berwawasan mengenai ilmu lain yang berkaitan dengan bidangnya.
  3. Attitude, yang artinya bukan hanya pintar, akan tapi harus memiliki etika yang diterapkan didalam bidangnya.
Adapun ciri ciri dari profesional yang diantaranya sebagaimana di bagian bawah ini:
  1. Memiliki kemampuan dan pengetahuan yang tinggi.
  2. Memiliki kode etik.
  3. Memiliki tanggung jawab profesi serta integritas yang tinggi.
  4. Memiliki jiwa pengabdian kepada masyarakat.
  5. Memiliki kemampuan yang baik dalam perencanaan program kerja.
  6. Menjadi anggota organisasi dari profesinya.

Definisi Lengkap Mengenai Profesional

Komentar